Aneka Jenis AC Split dan Penjelasannya

Aneka Jenis AC Split

Air Condition (AC) merupakan perangkat interior yang berfungsi menukar udara panas dengan udara sejuk. Dengan AC terpasang di sebuah ruang maka ruang tersebut tetap terjaga kesejukannya. Tak heran benda yang satu ini menjadi perabot rumah tangga favorit di kebanyakan rumah di tanah air yang terkenal panas dan lembab. Sebelum tahun 1990-an, keberadaan AC didominasi oleh AC window dimana mesin kompresor menyatu dengan indoor yang dilesakkan ke dalam ruang dengan cara membobok ruang tersebut. AC model ini tergolong rakus listrik sehingga mulai ditinggalkan saat AC split (terpisah) mulai diperkenalkan pada 1990-an hingga kini.

AC split yang beredar setelah dua dasarwasa sejak perkenalannya yang pertama mengalami banyak revolusi sesuai dengan kebutuhan yang makin bekembang, terutama tuntutan hemat energi dan ramah lingkungan. Atas tuntutan yang makin berkembang ini, para produsen AC seakan berlomba menciptakan beragam jenis AC split pintar dan ramah lingkungan.

Jenis AC Split dan Penjelasannya

Di pasaran saat ini banyak ditemui beragam jenis AC split denga keistimewaan dan karakteristik tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Jika 20 tahun yang lalu kita hanya mengenal satu jenis AC yang aktif dan ruangan menjadi sejuk, maka kini kebutuhan tersebut dirasa kurang karena berbagai tuntutan cerdas lainnya.

Aneka Jenis AC Split

1. AC Split Standard

AC split standar ini merupakan AC yang mula-mula berkembang dengan inovasinya berupa otomatisasi aktif saat udara ruangan panas dan kembali tidak aktif saat udara ruangan telah dingin. Otomatisasi ini kemudian menjadi standar para produsen AC split yang makin banyak disukai masyarakat hingga kini. AC split standar ini merupakan jenis AC split yang paling banyak dicari para konsumen karena harganya yang stabil dan terbukti hemat listrik di samping lebih cepat mendinginkan ruangan.

Aneka Jenis AC Split

2. AC Split Low Watt

AC split hemat daya listrik ini menjadi solusi bagi banyak kalangan yang daya listriknya tidak cukup kuat mengaktifkan AC split. AC split low watt ini mampu menghemat daya listrik hingga 30% dari AC split jenis standar, tetapi tidak cukup kuat untuk mendinginkan ruangan yang luasnya lebih dari 4 x 5 m. AC split jenis ini juga tergolong mahal dan sangat lambat mendinginkan ruangan.

Aneka Jenis AC Split

3. AC Split Inverter

AC ini dikategorikan sebagai AC pintar karena kemampuannya dalam menyesuaikan diri terhadap suhu ruangan. AC split inverter mampu mengubah dirinya bertenaga 1 PK atau mengurangi setengahnya jika kondisi suhu tidak terlalu panas menjadi 1/2 PK atau 1/4 Pk saja. Dengan cara demikian, pengguna tidak hanya diuntungkan karena hemat listrik tetapi juga suhu ruangan tetap stabil meski diaktifkan terus-menerus. Kemampuannya dalam mengubah tegangan ini karena sejumlah komponen semikonduktor yang ditanam di dalamnya. Namun demikian, AC jenis ini memiliki sederet kekurangan berupa harga yang tergolong mahal, tidak cepat mendinginkan ruangan, mudah rusak, dan perawatan yang mahal.

Aneka Jenis AC Split

4. AC Split Hybrid

AC split hybrid mirip dengan AC split inverter saat mengganti daya tegangan. Bedanya, jika AC split inverter bekerja secara otomatis, maka AC split hybrid penggantian tenaga PK diatur secara manual. Dengan cara ini pemanfaatan listrik lebih hemat dan umur pakai lebih lama karena dikendalikan secara manual oleh pengguna sesuai kebutuhan. Sayangnya harga AC hybrid saat ini masih tergolong mahal bahkan paling mahal dalam keluarga AC split.

 

Dapatkan harga AC Split terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *