Fungsi dan Kegunaan AC Ruangan Rumah

Fungsi dan Kegunaan AC

Apa yang terlintas di benakmu saat orang menyebut kata AC (Air Conditioner)? Sudah pasti pendingin ruangan yang digunakan selain kipas angin. Meski harga AC zaman sekarang ini beragam, ia bukan lagi barang mewah yang hanya ada di kantor atau di rumah orang kaya saja, semua orang bisa memakai dan memiliki AC. Ternyata di balik kegunaannya yang bisa menjadi solusi di tengah panas membara, AC juga bisa mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan guys. Lebih lengkapnya simak di bawah ini ya!

Fungsi dan Kegunaan AC

1. Menghindari Dehidrasi

Dehidrasi adalah gejala kekurangan minum yang bisa membuat kesehatan seseorang terganggu. Fungsi adanya AC adalah mengurangi gelaja dehidrasi tersebut. Karena, dengan adanya AC, suhu panas berlebih, keringat juga akan berkurang.

2. Meningkatkan Kualitas Udara Sekitar

Fungsi dan Kegunaan AC

Dengan adanya air conditioner di dalam sebuah ruangan, udara yang ada di sekitar akan tersaring dari polusi dan bakteri. Kualitas udara tersebut jelas akan lebih sehat, segala macam jenis gangguan pernapasan juga bisa teratasi. Dengan catatan ya, AC yang terpasang di kamar atau ruanganmu juga dalam keadaan yang bersih. Kalau AC jarang dibersihkan dan kotor, justru bisa mendatangkan berbagai macam jenis penyakit.

3. Meminimalisir Heatstroke

Pernah mendengar istilah headstroke? Sebutan ini adalah kondisi di mana suhu badan meningkat secara drastis setelah terpapar panas berlebih, biasanya terjadi pada orang yang bekerja di luar ruangan (di bawah terik matahari). Dengan ngadem menggunakan AC, suhu tubuh bisa kembali ke posisi stabil dan normal.

4. Berguna untuk Relaksasi

Setelah bekerja atau belajar seharian penuh, kepala akan terasa penuh. Akibatnya seseorang kadang stress dan pusing. Nah, keberadaan AC ini bisa menjadi penenang, di mana kamu bisa rileks sambil menikmati semriwingnya sejuk yang ia berikan. Berbaring di atas tempat tidur dengan lilin aromateraphy serta alunan musik akan membuat mood menjadi lebih baik dan stress berkurang secara perlahan.

5. Mengurangi Alergi dan Gejala Asma

Selain bisa membuat rileks, AC juga bisa mengurangi risiko terkena alergi dan asma. Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa AC bisa menyaring udara dan bakteri yang ada di dalam ruangan. Dengan begitu, pemilik kamar hanya akan menghirup udara yang segar dan bersih. Nah, lagi-lagi manfaat satu ini bisa didapat kalau air conditioner di rumahmu bersih ya.

6. Menjaga Temperamen

Fungsi dan Kegunaan AC

Cuaca yang panas bisa membuat seseorang cepat naik darah karena kinerja otak turun. Sebaliknya, kinerja otak yang menurun membuat tekanan darah dan detak jantung naik, oleh karena itu kemarahan seseorang bisa meledak dan berapi-api. AC menjadi salah satu solusi untuk meredakan kemarahan tersebut.

7. Mengatasi Masalah Sulit Tidur

Banyak orang yang tidak bisa tidur saat udara terasa panas. AC ini ternyata bisa menjaga kualitas tidur seseorang. Enggak heran kalau kemudian ada beragam AC yang dilengkapi dengan berbagai fitur yang bisa digunakan saat tidur. Pun, penggunaan suhu AC bisa diatur rendah agar tidur tetap nyenyak.

8. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Dari penelitian yang dilakukan, AC terbukti bisa mengurangi risiko penyakit jantung. Lagi-lagi hal ini terjadi karena AC sangat berperan dalam terbentuknya udara yang bersih dan suhu panas menjadi netral. Untuk orang yang tinggal di tempat dengan kelembaban udara tinggi, cuaca panas, kapasitas napas akan berkurang. Nah, kondisi ini akan membuat fungsi kardiovaskular juga menurun dan risiko serangan jantung akan meningkat.

Ada banyak jenis AC, harga AC pun banyak yang murah dan terjangkau di temtera.com. Kamu bisa memilih sesuai dengan selera dan budget yang kamu punya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *