Fungsi dan Manfaat AC Ducting

Fungsi dan Manfaat AC Ducting

Perkembangan zaman yang sangat modern membuat berbagai macam alat modern berkembang dengan pesat, begitu juga dengan keberadaan ac ducting. Perumahan dan perkantoran sudah mulai mengaplikasikan cara modern dalam memasang AC, dengan begitu kenyamanan di dalam rumah maupun gedung lebih bisa dinikmati, AC tidak lagi mengeluarkan bunyi yang membuat sebagian orang terganggu.

Fungsi dan Kegunaan AC Ducting di Sekitar Kita

Ducting ac merupakan sebuah saluran untuk udara yang didinginkan dari indoor Ac central atau AHU dan didistribusikan ke semua ruangan, biasanya saluran ini melewati bagian atas plafond atau duct bangunan. Dilihat dari bentuknya ducting ini terdiri dari Square Ducting yang berbentuk segi empat dan di dalamnya terdiri dari jenis BJLS dan PU. Juga terdiri dari spiral ducting yang berbentuk spiral seperti pipa serta flexible ducting yang seperti slang dan bisa dibengkokkan, di dalamnya terdapat duct isolasi dan non isolasi. Sedangkan menurut bahannya ducting terdiri dari ducting dengan bahan BJLS, ducting PU atau Poly Urethene, staniless steel dan insulated panel.

Fungsi dan Manfaat AC Ducting

Dengan adanya ducting ac maka pemasangan AC tidak akan tampak di sebuah ruangan yang dipasang. Di dalam ruangan yang ber AC hanya ada lubang udara atau grill saja. Dengan menggunakan jenis AC ini maka ruangan akan tampak lebih rapi, tidak mengotori ruangan, dan tidak perlu takut terjadi kebocoran air seperti yang terjadi pada jenis Ac-ac pada umumnya. Untuk kualitas suhunya sama-sama berkualitas seperti AC pada umumnya, Anda masih bisa menambah ataupun mengurangi suhu dengan mudah.

Biaya dan Cara Pembuatan Ducting

Untuk biaya atau harga ditentukan dari ukuran dan panjang ducting yang akan dipasang, umumnya dihitung M2. Misalnya jika Anda ingin membuat ducting yang memiliki dimensi lebar 100 cm, tinggi 50 cm dan total panjang 20 meter. Maka volume ducting ialah : 1+0,5 x 2 x 20 : 60 meter persegi. Jika biaya permeter Rp 500.000 maka biaya yang dikeluarkan Rp 500.000 x 60 menjadi 30 juta. Jika biaya jasa Rp 60.000 permeter maka total Rp 60.000 x 60 menjadi 3,6 juta.

Saat melakukan pemasangan ducting ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan cermat, di antaranya ukuran atau diameter ducting, sistem isolasi atau heat insulation, difuser atau jumlah titik distribusi, kebocoran yang terjadi pada saluran ducting, heat loss dan friction, noise atau getaran saat dijalankan dan penampilan atau estetika.

Adapun untuk aksesoris ducting umumnya terdiri dari insulation, support gantungan yang terdiri dari siku, behel, alat sambungan flange, flendes, tee connector, beyonet, covering angel, F flange, H flange, lem, duct tape, aluminium tape, ball joint dan masih banyak lagi aksesoris lainnya yang dibutuhkan. Untuk penyambungan PU dengan cara lembaran Pu disambungkan pada flange, jika Anda menggunakan invisible flange maka penyambung menggunakan bayonet. Bagian sambungan diberikan lem dan tape sehingga tidak akan ada celah yang menyebabkan kebocoran. Agar lebih kuat maka ditambahkan siku pada sisi sambungan. Ukuran dimensi ducting ditentukan dari perhitungan volume udara dan kapasitas AC perhitungan design HVAC. Pada ujungnya pasanglah dengan supplye air diffuser berbentuk segi empat, bulat dan bar grill.

Keberadaan ac ducting memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan, jika saat ini Anda ingin memasang Ac dengan cara di atas maka perhatikan biaya dan cara pemasangannya dengan benar. Agar hasilnya bagus pastikan pilih jasa yang terpercaya.

 

Dapatkan harga ac ducting terbaik hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *