Jenis AC Cassette dan Berbagai Karakteristiknya

Jenis AC Cassette dan Berbagai Karakteristiknya

Ac cassette, jika didengar secara sekilas mungkin akan asing bagi beberapa orang. Yang belum mengenal maka akan menerka bahwa ini adalah jenis kaset yang memiliki ruang pendingin. Ac jenis ini memang asing di telinga, namun ternyata penggunaannya banyak terdapat di tempat-tempat umum yang tidak kita sadari, seperti mall, gedung-gedung perkantoran, hotel, dan lainnya. Ac yang biasa menempel di langit-langit plafon ini adalah salah satu dari berbagai jenis AC/pendingin ruangan yang dapat kita beli di bebagai toko penyedia AC. AC jenis ini memang jarang sekali diaplikasikan pada bagian rumah sehingga jarang dikenal masyarakat.

5 Karakteristik Ac cassette yang Perlu Kamu Ketahui

Jenis AC Cassette dan Berbagai Karakteristiknya

Untuk mengenal Ac cassette, kamu perlu mengetahui karakteristik unik AC ini. Meskipun hanya digunakan di tempat-tempat tertentu, AC jenis ini bisa juga diaplikasikan di rumah jika memang dibutuhkan. Berikut beberapa karakteristik Ac cassette yang perlu diketahui.

1. Hemat Tempat

Gedung-gedung besar atau tempat bisnis, seperti hotel dan pusat perbelanjaan membutuhkan alat pendingin udara atau AC untuk kenyamanan para pelanggannya. Untuk itu Ac cassette termasuk jenis AC yang cocok digunakkan karena letak AC ini berada di atap atap langit sehingga tidak memakan banyak tempat. Untuk bagian indoor AC diletakkan pada plafon, sementara bagian out-doornya berada jauh dari plafon untuk menghindari terganggunya aliran udara. Sumber udara yang berasal dari langit plafon membuat pemakaian AC juga hemat karena tidak perlu menggunakan banyak AC untuk mendinginkan semua ruangan.

2. Fitur Menarik

Bentuknya yang sederhana namun tetap elegan membuat Ac cassette menarik untuk digunakan.  AC ini juga memiliki fitur-fitur canggih yang dapat memudahkan pengguna, seperti sensor ganda yang membuat udara bisa terasa maksimal di ruangan yang cukup luas. Adanya sistem kendali udara juga membuat aliran udara menyebar cepat dan merata sehingga tidak terjadi pemborosan. Terdapat sistem infrared yang membuat suhu dingin naik dan turun secara otomatis menyesuaikan jumlah orang yang berada dalam suatu ruangan.

3. Pemasangan Agak Rumit

Karena jenis AC ini menempel pada atap langit plafon, maka tidak bisa sembarang orang yang memasang. Ac cassette membutuhkan bantuan ahli karena pemasangannya agak rumit dibanding AC biasa yang bisa dipasang sendiri mengikuti bantuan dari buku petunjuk. Apalagi AC ini hanya digunakan di ruangan yang sangat luas cakupannya.

4. Harga yang Cukup Mahal

Harga Ac cassette dibandrol sesuai dengan ukuran. AC ini memiliki ukuran 1.5pk sampai dengan 6pk. Semakin besar ukuran maka semakin mahal juga harganya. Rata-rata harga Ac cassette mencapai belasan juta rupiah. Harga tersebut juga tergantung pada merk Ac cassette yang dijual. Meskipu harganya cukup mahal, namun perawatan AC ini tidak membutuhkan banyak biaya dan lebih awet ketimbang AC split wall atau jenis lainnya. Oleh karenanya, penggunaan AC ini memang dikhususkan untuk ruangan yang sangat luas.

5. Kurang Populer

Ac jenis ini memang kurang populer bagi masyarakat dibanding Ac split wall yang biasa digunakan di dalam kamar atau tempat-tempat yang relatif tidak luas. Oleh karenanya, banyak yang belum tahu kegunaan AC ini.

Nah, itulah beberapa karakteristik Ac cassette yang sudah kamu ketahui. Tentunya karakteristik tersebut membuat kamu memahami pengertian, kegunaan dan fitur AC tersebut sehingga kamu tidak akan bingung lagi jika ingin menggunakan atau mendengar kata tersebut.

 

Dapatkan harga ac cassette terbaik hanya di temtera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *