Jenis-jenis AC yang Banyak Digunakan di Indonesia

Cuaca Indonesia yang tropis membuat AC menjadi salah satu barang wajib yang harus ada di rumah. Terkadang, dalam satu rumah, ada beberapa ruangan yang diberi alat pendingin udara ini. Meski tergolong dalam elektronik yang cukup mahal, konsep AC ini sebenarnya sudah ada sejak zaman Romawi Kuno di abad pertengahan. Nah, seiring dengan pesatnya teknologi, AC juga dibuat semakin canggih. Jika kamu juga ingin melengkapi perabot rumah dengan menggunakan AC, berikut ini ada beberapa rekomendasi merk yang bisa dipertimbangkan. Merk ini sudah banyak digunakan, baik untuk di rumah maupun perkantoran dan gedung-gedung besar lain.

1. AC Split Wall

Jenis-jenis AC di Indonesia

AC jenis pertama ini adalah Split Wall. ACĀ ini banyak sekali digunakan di rumah-rumah serta perkantoran yang masih dalam skala kecil. Seperti namanya, ia terdiri dari dua unit yang terletak indoor dan outdoor (yang di dalamnya terdapat compressor AC). Split Wall ini cukup banyak digunakan karena punya banyak varian dan bentuk, ia juga bisa menyesuaikan dengan dekorasi di dalam rumah. Suara yang dihasilkan oleh AC indoor juga sama sekali tidak berisik.

2. AC Floor Standing (AC berdiri)

Berikutnya ada AC Floor Standing. AC ini sangat berbeda dengan Split Wall karena hanya punya satu unit saja, yakni indoor (yang berada dalam ruangan). AC jenis ini berbentuk seperti kulkas, di mana ia mempunyai tank yang gunanya untuk menampung air. AC standing ini biasanya diletakkan di dalam ruang yang luas dan besar. Keunggulan AC ini adalah tak perlu membuat lubang pada dinding, karena portable, maka ia bisa dipindahkan dengan mudah ke ruangan yang lain. Harga AC jenis ini juga beragam, sesuai dengan kualitas yang ditawarkan oleh penjual.

3. AC Inverter

Jenis-jenis AC di Indonesia

Berikutnya ada AC Inverter, di mana bentuknya mirip dengan Split Wall. Satu-satunya hal yang membedakan ia dengan split wall adalah penggunaan sistem inverter. Inverter sendiri berfungsi sebagai pengontrol kecepatan kompresor yang digunakan untuk mendorong aliran freon di dalam AC. AC ini juga masuk dalam list pendingin ruangan yang ramah lingkungan loh.

4. AC Split Duct

Kamu tentu sering merasakan udara yang dingin saat pergi ke pusat perbelanjaan atau mall bukan? Rasa dingin tersebut datang dari jenis AC yang dipakai dalam mall tersebut, biasanya yang digunakan adalah Split Duct. Karena menggunakan sistem ducting, maka hawa dingin yang dihasilkan disebar ke seluruh ruangan, sehingga akan terasa tetap adem meskipun penuh pengunjung. Kelebihan dari AC duct ini sendiri adalah menjaga estetika ruangan karena tak ada unit indoor. Selain itu, tak ada suara yang berisik dan membuat bising, serta suhu dingin akan merata ke setiap sudut ruangan.

5. AC Casette

Jenis-jenis AC di Indonesia

Pernah berkunjung ke sebuah gedung dan melihat sesuatu menempel di dinding seperti kotak dengan lubang-lubang? Yap, itu sebenarnya adalah AC jenis casette. AC ini paling umum ditemukan dalam ruang kantor atau meeting room. Instalasi AC ada dua, yang menonjol dari plafon dan juga yang menyatu dengan plafon ruangan (tidak terlihat). Dari segi kelebihannya, AC casette ini mampu membuat ruang menjadi dingin dalam waktu cepat.

Harga AC yang sudah disebutkan di atas berbeda-beda, tergantung dengan fungsi dan juga kualitasnya dalam membuat ruangan menjadi sejuk dan dingin. Nah, kalau kamu tertarik mau membeli maka ada baiknya beli di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *