Keunggulan dan Kelemahan Ac Cassette

Keunggulan dan Kelemahan Ac Cassette

Di Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis yang memiliki suhu hangat dan disinari matahari sepanjang tahun terutama pada siang hari, jadi tidak heran kenapa masyarakat memilih menggunakan Ac atau yang kita kenal dengan pendingin ruangan karena Ac merupakan kebutuhan banyak orang dan merupakan fasilitas wajib terutama di kota – kota dengan suhu udara yang panas.

Tidak hanya musim panas walaupun sedang musim hujan kita masih tetap menggunakan Ac karena pada musim penghujan banyak bakteri yang masuk ke ruangan seingga menimbulkan penyakit batuk deman dan influensa sehingga ac berperan untuk memfilter udara dan bakteri yang masuk ruangan, selain itu ac juga dapat menghindari ruangan menjadi pengap karena jika malam hari kita tidak mungkin membuka jendela bukan ? sehingga untuk mengurangi pengap kita dapat menggunakan Ac.

Tentunya Ac bukanlah hal asing yang terdengar ditelinga masyarakat, semakin berkembangnya jaman jenis Ac menjadi banyak mulai dari Ac yang berbentuk split wall, Ac window, Ac sentral, Ac Cassette dan lain sebagainya. Nah apa kalian tau apa itu Ac cassette dan bagaimana bentuknya ? Ac cassette itu berbentuk persegi dan dan biasanya terpasang di bagian tengah langit – langit ruang tamu dirumah, kantor lobby ataupun di gedung, Ac cassette ini tampak tersembunyi dan  seolah – olah menyatu dengan plafon sehingga tidak merusak pemandangan seperti pada contoh gambar dibawah ini.

Walaupun Ac cassette di pasang dibagian tengah ruangan kalian tidak perlu khawatir karena jenis Ac ini dapat menyejukan di setiap sudut ruangan dan pendistribusian udara dingin yang lebih merata yaitu mencapai 360sehingga tidak ada pemborosan pada aliran udaranya.

Kelebihan dan Kekurangan

Lalu apa si kelebihan Ac cassette dibandingkan dengan jenis Ac lainnya ? Ac jenis ini cukup mudah dalam pemasangannya dan tidak perlu menempati ruangan yang luas karena ukuran Ac yang tidak terlalu besar dan memiliki desain simple dan elegan selain itu Ac ini memiliki sensor suhu, sinyal infrared, blower, kondensor auto swing dan bisa mensensor jumlah orang di dalam ruangan.Dibandingkan dengan model lain Ac ini lebih mudah dibersihkan dan di bongkar pasang sendiri walaupun tidak dengan tenaga profesional.

Dari segi harga Ac cassette lebih mahal dibandingkan jenis ac lainnya. Ac jenis  ini dipasang di bagian langit langit tapi tidak semua bangunan bisa di pasang ac jenis cassette dikarenakan atap gedung – gedung bertingkat menggunakan beton sehingga akan susah untuk memasang karena harus membuat lubang untuk menghubungkan antara bagian indoor dan outdoor. Serta membutuhkan pipa yang sangat panjang untuk menyambungkan bagian kompresor dibagian luar dengan Ac di bagian dalam.

Lalu bagaimana cara merawat Ac cassette supaya awet dalam pemakaiannya ? yang perlu kita lakukan dalam merawat ac yang pertama adalah saat ac menyala kita harus memastikan kalau ruangan tertutup dengan rapat untuk menghindari kompresor overload. Disarankan untuk membersihkan ac dalam kurun waktu tiga bulan sekali jika pemakainnya 8 jam dalam sehari. Ac yang tidak dingin bisa disebabkan oleh kebocoran pada freon sehingga pembersian ac tidak hanya untuk bagian dalam saja tetapi bagian luar perlu dibersihkan supaya sirkulasi udara menjadi lancar dan dingin kembali.

Selain tau cara merawat ac sebaiknya anda juga perlu menyadari pemakian ac agar tepat guna apada kebutuhan, demikian ulasan singkat tentang Ac casseting.

 

Dapatkan harga ac casseting terbaik hanya di temtera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *